LEMBAR KERJA
INSTRUMEN PENILAIAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (PEER
TEACHING)
2.
Nama/Kelompok Penilai : .................................................
3.
Materi Pokok
:
.................................................
Aspek
yang Diamati
|
Ya
|
Tidak
|
Catatan
|
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
|
Apersepsi
dan Motivasi
|
|
|
|
|
1
|
Mengaitkan materi pembelajaran sekarang
dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya.
|
|
|
|
2
|
Mengajukan pertanyaan
menantang.
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan manfaat
materi pembelajaran.
|
|
|
|
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait
dengan tema.
|
|
|
|
Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan
|
|
|
|
|
1
|
Menyampaikan kemampuan yang akan
dicapai peserta didik.
|
|
|
|
2
|
Menyampaikan rencana
kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.
|
|
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
|
Penguasaan Materi Pelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan
pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi dengan
pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
|
|
|
3
|
Menyajikan
pembahasan materi pembelajaran
dengan tepat.
|
|
|
|
4
|
Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Penerapan Strategi
Pembelajaran yang Mendidik
|
|
|
|
|
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai.
|
|
|
|
2
|
Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
|
|
|
|
3
|
Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
|
|
|
|
4
|
Menguasai kelas.
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat
kontekstual.
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect).
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan.
|
|
|
|
Penerapan
Pendekatan scientific
|
|
|
|
|
1
|
Memberikan
pertanyaan mengapa dan bagaimana.
|
|
|
|
2
|
Memancing
peserta didik untuk bertanya.
|
|
|
|
3
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mencoba.
|
|
|
|
4
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk mengamati.
|
|
|
|
5
|
Memfasilitasi
peserta didik untuk menganalisis.
|
|
|
|
6
|
Memberikan
pertanyaan peserta didik untuk menalar
(proses
berpikir yang logis dan sistematis).
|
|
|
|
7
|
Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi.
|
|
|
|
Pemanfaatan
Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran.
|
|
|
|
3
|
Menghasilkan pesan yang menarik.
|
|
|
|
4
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan sumber belajar pembelajaran.
|
|
|
|
5
|
Melibatkan peserta didik dalam
pemanfaatan media pembelajaran.
|
|
|
|
Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi
guru, peserta didik, sumber belajar.
|
|
|
|
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik.
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik.
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
|
|
|
|
5
|
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme
peserta didik dalam belajar.
|
|
|
|
Penggunaan
Bahasa yang Benar
dan Tepat dalam Pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
|
|
|
|
2
|
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
|
|
|
|
Kegiatan Penutup
|
||||
Penutup pembelajaran
|
|
|
|
|
1
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik.
|
|
|
|
2
|
Memberihan
tes lisan atau tulisan .
|
|
|
|
3
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio.
|
|
|
|
4
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan.
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|